Sistem bilangan asli sudah dikenalkan ke masyarakat umum sejak pendidikan di tingkat sekolah dasar (SD). Pada pendidikan di tingkat SD ini, siswa sudah dikenalkan bilangan 1, 2 ,3 dan seterusnya. Namun demikian, siswa belum diajarkan bagaimana proses pembentukan bilangan-bilangan tersebut. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana proses pembentukan sistem bilangan asli.

Mempelajari sistem bilangan asli merupakan salah satu tahapan yang perlu dilakukan sebelum mempelajari sistem bilangan bulat.

Definisi 1

[box]

Diketahui \mathbb{N} himpunan yang memuat 1 dan dilengkapi operasi biner “+” pada \mathbb{N}. Jika (\mathbb{N}, +) memenuhi:

  1. (\forall n \in \mathbb{N})n + 1 \neq 1
  2. (\forall n, m \in \mathbb{N})(m + 1 = n + 1 \Rightarrow m = n)
  3. (\forall n, m \in \mathbb{N})(m + n) + 1 = m + (n + 1)
  4. Untuk setiap G \subseteq \mathbb{N}, jika4.1 1\in G dan4.2 n\in G\Rightarrow n+1\in G,
    maka G=\mathbb{N},

maka \mathbb{N} disebut sistem bilangan asli (himpunan bilangan asli). Selanjutnya untuk setiap n\in \mathbb{N} disebut bilangan asli.

[/box]

Dari sistem aksioma di atas dapat dikonstruksi:

    \[ 1 + 1 := 2,~(1 + 1) + 1 := 3,~((1 + 1) + 1) + 1 := 4,~\ldots, \underbrace{(\cdots ((1 + 1) + 1) \cdots + 1) + 1}_{n}; \ldots. \]

Teorema 1

3 \neq 2

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Dari definisi 1

    \begin{eqnarray*} 3 & = & (1 + 1) + 1\\ 1 + (1 + 1) & = & (1 + 1) + 1~~~{\rm Aksioma 3}\\ 1 + 2 & = & 3~~~~~~~{\rm Definisi "2" dan "3"} \end{eqnarray*}

[/learn_more]

Sebagai latihan, pembaca dapat membuktikan pernyataan-pernyataan berikut ini.

  1. 4 \neq 2
  2. 2 \neq 5
  3. 3 + 1 = 4
  4. 2 + 1 = 1 + 2

Berdasarkan aksiomatika dapat diturunkan teorema berikut ini.

Teorema 2

Untuk setiap n \in \mathbb{N} berlaku n + 1 \neq n.

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Dibentuk G = \{ n | n \in \mathbb{N}, n + 1 \neq n \}. jelas G \subseteq \mathbb{N}. Berdasar A (Aksioma) 1, 1 + 1 \neq 1, sehingga 1 \in G.
Misalkan n \in G, yaitu n + 1 \neq n. Namun berdasarkan A2, (n + 1) + 1 \neq n + 1, sehingga n + 1 \in G; dan sesuai A4, G = \mathbb{N}. Akibatnya untuk
semua n \in \mathbb{N} berlaku n \in G. Jadi n + 1 \neq n untuk setiap n \in \mathbb{N}. \blacksquare

[/learn_more]

Teorema 3

Untuk setiap n, m \in N berlaku m + n \neq n.

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Diambil sebarang m \in \mathbb{N}. Dibentuk G = \{ n \in \mathbb{N}, n + m \neq n \}. Berdasarkan Teorema 2 1 \in G. Dimisalkan n \in G. Hal ini berarti m + n \neq n. Andai m + (n + 1) = n + 1 akan berakibat (m + n) + 1 = n + 1, sehingga menurut A2 m + n = n. Kontradiksi dengan hipotesa induksi. Jadi n + 1 \in G dan menurut A4 berakibat sifat terbukti. \blacksquare

[/learn_more]

Sifat berikutnya yang dapat diturunkan berdasarkan sistem aksiomatika himpunan \N beserta operasi “+” adalah sifat asosiatif.

Teorema 4

Untuk setiap k, m, n \in \N memenuhi (k + m) + n = k + (m + n).

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Diambil sebarang , m \in \mathbb{N}. Pembuktian dengan induksi matematika dikenakan pada n dengan membentuk

    \[ G = \{ n | n \in \mathbb{N}, (k + m) + n = k + (m + n) \} \]

Berdasarkan A3, diperoleh n = 1 \in G. Dimisalkan benar untuk n \in G, yaitu k + (m + n) = (k + m) + n.

    \begin{eqnarray*} k + (m + (n + 1)) & = & k + ((m + n) + 1)\\ k + ((m + n) + 1) & = & (k + (m + n)) + 1\\ (k + (m + n)) + 1 & = & ((k + m) + n) + 1\\ k + (m + (n + 1)) & = & ((k + m) + n) + 1\\ ((k + m) + n) + 1 & = & (k + m) + (n + 1)\\ k + (m + (n + 1)) & = & (k + m) + (n + 1) \end{eqnarray*}

Akibatnya n + 1 \in G. Sesuai A4, G = \mathbb{N}, sehingga untuk setiap n \in \mathbb{N}, (k + m) + n = k + (m + n). \blacksquare

[/learn_more]

Berdasarkan Teorema 4, hasil jumlahan 1 sebanyak n suku

    \[ \underbrace{(\cdots ((1 + 1) + 1) \cdots + 1) + 1}_{n} \]

cukup ditulis \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n}.

Teorema 5

Diketahui a = \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{m} jumlahan bilangan 1 sebanyak m suku dan b = \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n}. jumlahan bilangan 1 sebanyak n suku. Jika banyaknya 1 penyusun a lebih sedikit daripada di b, maka a < b.

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Karena \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n} = \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{m} + \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{k} untuk suatu k, dengan \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{k} \in \N. Akibatnya a = \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{m} < \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n} = b. \blacksquare

Untuk selanjutnya \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n} \in \mathbb{N} ditulis n. Misalkan

    \[ G = \{ 1, 1 + 1, 1 + 1 + 1, 1 + 1 + 1 + 1, \ldots \}. \]

Jelas 1 \in G \subseteq \mathbb{N} dan jika \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n} \in G, berlaku

    \[ \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n} + 1 = \underbrace{1 + 1 \cdots + 1}_{n + 1} \in G. \]

Sesuai Aksioma 4 berlaku G = \mathbb{N}. \blacksquare.

[/learn_more]

Sifat berikutnya yang berlaku terhadap operasi “+” adalah komutatif. Untuk itu diperlukan lemma berikut ini sebagai landasan.

Lemma 1

Untuk setiap n \in \mathbb{N}, n + 1 = 1 + n.

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Dibentuk G = \{ n | n \in \mathbb{N}, n + 1 = n + 1 \}. Jelas G \subseteq \mathbb{N}. Karena 1 + 1 = 1 + 1, maka 1 \in G. Selanjutnya dimisalkan n \in G, yang berarti n + 1 = 1 + n. Akibatnya (n + 1) + 1 = (1 + n) + 1, sehingga n + 1 \in G; dan berdasarkan A4, G = \mathbb{N}. \blacksquare

[/learn_more]

Teorema 6

Untuk setiap n, m \in \N berlaku n + m = m + n.

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Diambil sebarang n \in \mathbb{N}. Dibentuk G = \{ m | m \in \mathbb{N}, n + m = m + n \}. Jelas G \subseteq \mathbb{N}. Selain itu menurut Lemma 1,
1 \in G. Selanjutnya dimisalkan m \in G. Berarti n + m = m + n.

    \begin{eqnarray*} (n + m) + 1 & = & (m + n) + 1\\ n + (m + 1) & = & m + (n + 1)\\ & = & m + (1 + n)\\ & = & (m + 1) + n \end{eqnarray*}

Akibatnya m + 1 \in G, sehingga menurut A4, G = \mathbb{N}. Dengan kata lain untuk setiap m \in \mathbb{N}, n + m = m + n. \blacksquare

[/learn_more]

Teorema 7 [Sifat Kanselatif]

Dalam sistem bilangan \mathbb{N} berlaku sifat kanselatif kiri dan kanan:

  1. Untuk setiap k, m, n \in \mathbb{N}, (k + m = n + m) \Rightarrow(k = n)
  2. Untuk setiap k, m, n \in \mathbb{N}, (k + m = k + n) \Rightarrow(m = n)

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Hanya dibuktikan untuk 1. Sifat 2 dijadikan latihan. Bukti menggunakan kontraposisinya, yaitu

    \[ k \neq n \Rightarrow k + m \neq n + m \]

Diambil sebarang k dan n \in \mathbb{N}, dengan k \neq n. Dibentuk G = \{ m | m \in \mathbb{N}, k + m \neq n + m \}. Karena k \neq n jelas k + 1 \neq n + 1
Dimisalkan m \in G, dengan kata lain k + m \neq n + m. Akibatnya

    \[k + (m + 1) = (k + m) + 1 \neq (n + m) + 1 = n + (m + 1) \]

sehingga m + 1 \in G. Sesuai A4, dapat disimpulkan G = \mathbb{N}, sehingga untuk setiap k, n \in \mathbb{N}, jika k \neq n, maka k + m \neq n + m untuk setiap
m \in \mathbb{N}. \blacksquare

[/learn_more]

Latihan

  1. Teorema 7, bagian 2.
  2. Untuk setiap k,l,m,n\in \mathbb{N} berlaku (k + l) + (m + n) = (k + (l + m)) + n.

 

Categories: Materi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.