Sifat Dasar Fungsi Floor

Untuk setiap bilangan real x, selalu terdapat dengan tunggal bilangan bulat n yang memenuhi n \leq x < n+1. Bilangan ini kita sebut sebagai \textit{floor} dari x, yang disimbolkan dengan n = \lfloor x \rfloor. Nilai \lfloor x \rfloor pada dapat pula didefinisikan sebagai bilangan bulat terbesar yang tidak lebih dari x. Sebagai contoh, \lfloor 2,398 \rfloor = 2, \lfloor \pi \rfloor = 3 dan \lfloor -30,9 \rfloor = -31.

Selanjutnya, kita definisikan fungsi \textit{ceil} dari x, yaitu \lceil x \rceil sebagai bilangan bulat terkecil yang tidak kurang dari x. Untuk melambangkan bagian pecahan (\textit{fractional part}) dari x, kita definisikan \{x\} = x - \lfloor x \rfloor. Sebagai contoh, \lceil \pi \rceil = 4, \{1,25\} = 0,25, \lceil -1,25 \rceil = -1 dan \{-1,25\} = 0,75.

Teorema 1

[box]

  1. Diberikan bilangan bulat a dan b dengan b > 0. Hasil bagi q ketika a dibagi oleh b sama dengan \left\lfloor \dfrac{a}{b} \right\rfloor.
  2. Untuk setiap bilangan real x dan bilangan bulat n, berlaku \lfloor x + n \rfloor = \lfloor x \rfloor + n dan \lceil x + n \rceil = \lceil x \rceil + n.
  3. Jika x adalah bilangan real positif dan n adalah bilangan asli, maka banyaknya kelipatan n yang kurang dari x adalah \left \lfloor \dfrac{x}{n} \right \rfloor.
  4. Untuk setiap bilangan real positi x dan bilangan asli n, berlaku

        \[\left \lfloor \frac{\lfloor x \rfloor}{n} \right \rfloor = \left \lfloor \frac{x}{n} \right \rfloor.\]

[/box]

Contoh [OSK 2018]

Untuk setiap bilangan real z, \lfloor z \rfloor menyatakan bilangan bulat terbesar yang lebih kecil dari atau sama dengan z. Jika diketahui \lfloor x \rfloor + \lfloor y \rfloor + y = 43,8 dan x+y- \lfloor x \rfloor = 18,4, maka
nilai 10(x+y) adalah \ldots

Solusi:

Substitusi x = \lfloor x \rfloor + \{x\} dan y = \lfloor y \rfloor + \{y\}, diperoleh

    \[\lfloor x \rfloor + \lfloor y \rfloor + \lfloor y \rfloor + \{y\} = 43,8 \implies \lfloor x \rfloor + 2\lfloor y \rfloor + \{y\} = 43,8.\]

Akibatnya, \{y\} haruslah sama dengan 0,8. Jadi y = \lfloor y \rfloor + 0,8. Diperoleh

    \[x + y - \lfloor x \rfloor = 18,4 \implies \{x\} + \lfloor y \rfloor + 0,8 = 18,4 \implies \lfloor y \rfloor + \{x\} = 17,6\]

Karena \lfloor y \rfloor bulat, maka \{x\} = 0,6 dan \lfloor y \rfloor = 17 sehingga y = 17,8. Diperoleh \lfloor x \rfloor = 43,8 - 0,8 - 34 = 9 sehingga x = 9,6. Jadi 10(x+y) = 96 + 178 = \boxed{274}.

Contoh:

Buktikan bahwa

    \[\lfloor 2x \rfloor + \lfloor 2y \rfloor \geq \lfloor x \rfloor + \lfloor y \rfloor + \lfloor x+y \rfloor\]

untuk setiap bilangan real x dan y.

Solusi:

Kita tahu bahwa x = \lfloor x \rfloor + \{x\} dan y = \lfloor y \rfloor + \{y\}. Jadi

    \[\lfloor 2x \rfloor + \lfloor 2y \rfloor = 2\lfloor x \rfloor + 2\lfloor y \rfloor + \lfloor2\{x\}\rfloor + \lfloor2\{y\}\rfloor\]

dan

    \[\lfloor x + y \rfloor = \lfloor x \rfloor + \lfloor y \rfloor + \lfloor \{x\}+\{y\} \rfloor.\]

Jadi, cukup dibuktikan bahwa

    \[\lfloor2\{x\}\rfloor + \lfloor2\{y\}\rfloor \geq \lfloor \{x\} + \{y\} \rfloor.\]

Jelas bahwa 0 \leq \{x\},\{y\} < 1 sehingga 0 \leq \{x\} + \{y\} < 2. Akibatnya, \lfloor \{x\} + \{y\} \rfloor bernilai 0 atau 1. Apabila \lfloor \{x\} + \{y\} \rfloor = 0, jelas bahwa

    \[\lfloor2\{x\}\rfloor + \lfloor2\{y\}\rfloor \geq 0 = \lfloor \{x\} + \{y\}\rfloor.\]

Apabila \lfloor \{x\} + \{y\} \rfloor = 1, maka jelas bahwa tidak mungkin \{x\} dan \{y\} kedua-duanya kurang dari 0,5. Akibatnya, salah satu dari \lfloor 2\{x\} \rfloor atau \lfloor 2\{y\} \rfloor harus bernilai paling kurang 1, sehingga

    \[\lfloor2\{x\}\rfloor + \lfloor2\{y\}\rfloor \geq 1 = \lfloor \{x\} + \{y\}\rfloor.\]

Terbukti.

Contoh:

Tentukan semua solusi real dari persamaan

    \[4x^2 - 40\lfloor x \rfloor + 51 = 0.\]

Solusi:

Perhatikan bahwa \lfloor x \rfloor \leq x sehingga

    \[(2x-3)(2x-17) = 4x^2 - 40x + 51 \leq 4x^2 - 40\lfloor x \rfloor + 51 = 0.\]

Jadi \frac{3}{2} \leq x \leq \frac{17}{2} dan 1 \leq \lfloor x \rfloor \leq 8. Dari sini, kita dapat mulai \textit{menguli} nilai x dengan memasukkan \lfloor x \rfloor ke persamaan

    \[x^2 = \frac{40\lfloor x \rfloor - 51}{4}\]

  • \lfloor x \rfloor = 1, diperoleh x^2 = -\frac{11}{4}. Tidak mungkin.
  • \lfloor x \rfloor = 2, diperoleh x^2 = \frac{29}{4} sehingga x = \pm \frac{\sqrt{29}}{2}. Namun jika x = -\frac{\sqrt{29}}{2}, dipunyai \lfloor x \rfloor = -3 \neq 2.
  • \lfloor x \rfloor = 3, diperoleh x^2 = \frac{69}{4} sehingga x = \pm \frac{\sqrt{69}}{2}. Mudah untuk melihat bahwa kedua nilai x tersebut tidak memenuhi \lfloor x \rfloor = 3.

Dengan mencoba nilai \lfloor x \rfloor dari 1 sampai 8 seperti di atas, diperoleh solusi persamaan adalah \frac{\sqrt{29}}{2}, \frac{\sqrt{189}}{2}, \frac{\sqrt{229}}{2} dan \frac{\sqrt{269}}{2}.

Pembahasan akan kita tutup dengan membuktikan suatu identitas yang dikenal sebagai Hermite identity.

Teorema 2

[box] Untuk setiap bilangan real x dan bilangan asli n, berlaku

    \[\lfloor x \rfloor + \left\lfloor x + \frac{1}{n} \right\rfloor + \left\lfloor x + \frac{2}{n} \right\rfloor + \ldots + \left \lfloor x + \frac{n-1}{n} \right \rfloor = \lfloor nx \rfloor\]

[/box]

[learn_more caption=”Bukti:” state=”open”]

Karena 0 \leq \{x\} < 1, maka \{x\} harus terletak pada salah satu dari interval

    \[\left[0, \frac{1}{n}\right), \left[\frac{1}{n}, \frac{2}{n}\right), \left[\frac{2}{n}, \frac{3}{n}\right), \ldots, \left[\frac{n-1}{n}, 1\right).\]

Andaikan \{x\} \in \left[\dfrac{i-1}{n}, \dfrac{i}{n}\right) untuk setiap bilangan asli i dengan 0 \leq i \leq n-1. Akibatnya

    \[\lfloor x \rfloor = \left\lfloor x + \frac{1}{n} \right\rfloor = \ldots = \left\lfloor x + \frac{n-i}{n} \right\rfloor\]

dan

    \[\left\lfloor x + \frac{n-i+1}{n} \right\rfloor = \left\lfloor x + \frac{n-i+2}{n} \right\rfloor = \ldots = \left\lfloor x + \frac{n-1}{n} \right\rfloor = \lfloor x \rfloor + 1.\]

Jadi

    \begin{align*} \lfloor x \rfloor + \left\lfloor x + \frac{1}{n} \right\rfloor + \ldots + \left \lfloor x + \frac{n-1}{n} \right \rfloor &= (n-i+1)\lfloor x \rfloor + (i-1)(\lfloor x \rfloor + 1) \\ &= n\lfloor x \rfloor + i - 1 \end{align*}

dan karena x = \lfloor x \rfloor + \{x\}, maka

    \[\lfloor x \rfloor + \frac{i-1}{n} \leq x < \lfloor x \rfloor + \frac{i}{n} \implies n\lfloor x \rfloor + (i-1) \leq nx < n \lfloor x \rfloor + i \]

sehingga \lfloor nx \rfloor = n\lfloor x \rfloor + i-1. Terbukti.

[/learn_more]

Latihan

Selanjutnya, Pembaca dapat mengerjakan soal-soal berikut sebagai latihan.

  1. [OSK 2019]
    Untuk sebarang bilangan real x, simbol \lfloor x \rfloor menyatakan bilangan bulat terbesar yang tidak lebih besar daripada x, sedangkan \lceil x \rceil menyatakan bilangan bulat terkecil yang tidak lebih kecil dibanding x. Interval [a, b) adalah himpunan semua bilangan real x yang memenuhi

        \[\lfloor 2x \rfloor^2 = \lceil x \rceil + 7\]

    Nilai a \cdot b adalah \ldots

  2. [CWMO 2001]
    Tentukan semua bilangan real x yang memenuhi \lfloor x^3 \rfloor = 4x+3.
  3. [OSP 2017]
    Untuk sebarang bilangan real x, notasi \lfloor x \rfloor menyatakan bilan bulat terbesar yang tidak lebih besar daripada x. Diketahui \{a_i\}_{i \geq 1} barisan bilangan real dengan a_1 = 2017. Jika

        \[a_1,a_2,\ldots,a_{11} \text{ dan } \lfloor a_1 \rfloor, \lfloor a_2 \rfloor, \ldots, \lfloor a_{10} \rfloor\]

    masing-masing merupakan barisan aritmatika sedangkan \lfloor a_1 \rfloor, \lfloor a_2 \rfloor, \ldots, \lfloor a_{11} \rfloor bukan barisan aritmatika, maka nilai minimum a_2 - a_1 - \lfloor a_2 - a_1 \rfloor adalah \ldots

  4. [OSP 2013]
    Untuk sebarang bilangan real x, didefinisikan \lfloor x \rfloor sebagai bilangan bulat terbesar yang kurang dari atau sama dengan x. Tentukan banyaknya bilangan asli n \leq 10^6 sehingga

        \[\sqrt{n} - \lfloor \sqrt{n} \rfloor < \frac{1}{2013}\]

  5. [IMO 1968]
    Misalkan \lfloor x \rfloor menyatakan bilangan bulat terbesar yang tidak lebih dari x. Jika n adalah bilangan asli, cari nilai jumlahan berikut sebagai fungsi dalam n

        \[\left\lfloor \frac{n+1}{2} \right\rfloor + \left\lfloor \frac{n+2}{4} \right\rfloor + \left\lfloor \frac{n+4}{8} \right\rfloor + \ldots\]

  6. [OSN 2009]
    Misalkan untuk setiap bilangan real x didefinisikan \lfloor x \rfloor sebagai bilangan bulat terbesar yang lebih kecil atau sama dengan x. Diberikan a_1,a_2,a_3,\ldots suatu barisan bilangan asli yang memenuhi a_1 > 1 dan

        \[\left\lfloor \frac{a_1+1}{a_2} \right\rfloor = \left\lfloor \frac{a_2+1}{a_3} \right\rfloor = \left\lfloor \frac{a_3+1}{a_4} \right\rfloor = \ldots \]

    Buktikan bahwa \left \lfloor \dfrac{a_n+1}{a_{n+1}} \right\rfloor \leq 1 untuk setiap bilangan asli n.

  7. [OSN 2016]
    Diberikan bilangan real x. Definisikan barisan \{a_n\}_{n=1}^{\infty} dengan a_n = \lfloor nx \rfloor untuk setiap bilangan asli n. Jika \{a_n\}_{n = 1}^{\infty} merupakan barisan aritmatika, haruskah x bilangan bulat?
  8. [OSN 2019]
    Diberikan bilangan real a dan b sedemikian hingga terdapat tak hingga bilangna asli m dan n yang memenuhi

        \begin{align*} \lfloor an + b \rfloor &\geq \lfloor a + bn \rfloor \\ \lfloor a + bm \rfloor &\geq \lfloor am + b \rfloor. \end{align*}

    Buktikan bahwa a = b.

 

Categories: Materi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.